:

tz-Software RAPOR SKS

 


Laporan Hasil Belajar Sistem Kredit Semester :

  • Guru memberikan penilaian terhadap siswa tiap-tiap Kompetensi Dasar (KD) atau kelompok KD dan kata kunci untuk tiap-tiap nilai tersebut.
  • Deskripsi pencapaian hasil belajar tiap-tiap siswa sesuai dengan predikat keberhasilannya dalam penempuh KD atau kelompok KD.
  • Orang tua/wali siswa akan mengetahui perkembangan putranya dalam menempuh pendidikan di sekolah.

Berdasarkan panduan penyelenggaraan sistem kredit semester Badan Standar Pendidikan Nasional (BNSP) bahwa penyelenggaraan SKS (Sistem Kredit Semester) adalah sesuai dengan amanah Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 12 ayat (1) yang menyatakan: “Setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan pelayanan pendidikan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya”. Selanjutnya pada butir (f) dinyatakan: “Peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak menyelesaikan pendidikan sesuai dengan kecepatan belajar masing-masing dan tidak menyimpang dari ketentuan batas waktu yang ditetapkan”.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 11 Ayat (3) ”Beban belajar untuk SMA/MA/SMLB,SMK/MAK atau bentuk lain yang sederajat pada pendidikan formal KATEGORI MANDIRI dinyatakan dalam satuan kredit semester”. SUMBER ...

Penerapan SKS dalam pengelolaan pembelajaran pada jenjang pendidikan dasar dan menengah di Indonesia saat ini merupakan suatu upaya inovatif untuk menambah kekayaan pengelolaan pembelajaran yang selama ini hanya menggunakan satu-satunya cara, yaitu sistem Paket. Melalui penerapan SKS ini dimungkinkan peserta didik dapat menyelesaikan program pendidikannya lebih cepat sesuai dengan kemampuan, bakat, dan minatnya

Tz-Software LHB (Laporan Hasil Belajar) Sistem Kredit  Semester adalah Upgrade dari Tz-Software LHB versi sebelumnya yang sudah banyak dipakai di Sekolah sejak tahun 2005.

 

rap sks menu

Gb. 1 Menu Utama LHB

 

Tata alir dan alur mavigasi dimulai dari menu utama. Langkah urutan kerja tertata pada menu PETUNJUK. Data Induk terdiri atas Identitas  sekolah, data rapor, wali kelas, tanggal pembagian rapor dll seperti Gb. 2 di bawah.

 

rap sks data sek

Gb. 2 Data Identitas Sekolah

 

Menu satuan kredit semester yang akan diampu siswa dituangkan pada 5 form menu sks untuk satu rombel  Gb 3 di bawah.

 

paket ska

Gb. 3 Menentukan Paket SKS

 

Beban belajar siswa dapat berbeda satu dengan lainnya sesuai kemampuan. Mata pelajaran yang akan dicetak pada rapor hanya yang diampu. Ekstrakurikuler sebanyak 20 kemungkinan dapat dipilih siswa. Ahlak mulia dan deskripsinya dituangkan dalam form ini.

 

sks ekskul

Gb. 4 Menentukan Paket diampu

 

Nilai SK1/KD1 terdiri atas nilai pengetahuan/konsep (K), nilai praktik/psikomotor (P), rerata K dan P adalah nilai SK1/KD1 yaitu N1 dan nilai sikap/afektif (S1). Nilai Akhir (NA) adalah rerata seluruh nilai SK/KD (rerata dari N1; N2; N3 dst). Seperti Gb. 5 di bawah.

 

hitnil

Gb. 5 Perhitungan nilai K, P dan S

 

Entri nilai Ulangan Hariah, nilai K, nilai P, nilai S, kode Agama yang dianut siswa seperti Gb. 6 berikut. Jika data sudak benar akan muncul indikator DATA OK!, jika belum indikator PERIKSA DATA.

sks agama

GB. 6 Entri Nilai Harian K, P, S dan Kode Agama

Pengaturan KKM, mengisi deskripsi SK/KD atau kelompok KD tiap-tiap nilai seperti Gb. 7 berikut.

sks setting

Gb. 7 Mengisi Deskripsi SK/KD tiap nilai.

Sebelum mencetak LHB dapat di lihat seluruh data apakah sudah benar atau masih ada kesalahan seperti Gb. 8 di bawah sampai seluruh pelajaran berektensi DATA OK!.

sks view

Gb. 8 View RAPOR sebelum Print

 

DOWNLOAD

LHB sistem SKS.zip  6,0 MB


NEXT >>> .... RAPOR SKS (Bagian 2)

 


www.gajahfisika.net   Full Animation Physics