:
MATA NORMAL (EMETROPI)


Mata dapat melihat dengan jelas pada rentang dua titik yaitu titik dekat (Punctum Proximum=PP) dan titik jauh (Punctum Remotum=PR). Titik dekat mata normal (Sn) sekitar 25 cm dan titik jauh mata normal tak berhingga (~).

 

Animasi 1. Mata normal (Emetropi)

Proses melihat adalah obyek oleh lensa mata dibentuk bayangan dan jatuh tepat di retina. Ketika obyek mendekat pada mata dan jika lensa mata tetap pipih (tidak berakomodasi) maka bayangan terbentuk makin ke belakang menjauhi retina. Agar dapat melihat dengan jelas maka mata berakomodasi (mencembungkan lensa mata) sampai bayangan jatuh tepat di retina. Untuk obyek menjauh dari mata dan jika lensa mata tetap cembung, maka bayangan makin ke depan dari retina. Untuk melihat jelas memipihkan lensa sampai bayangan jatuh tepat di retina. Perhatikan Animasi di atas.

Proses pembentukan bayangan berkaitan dengan pembiasan pada lensa mata. Mempelajari mata sebagai alat  optik menghasilkan  produk teknologi analogi mata yaitu kamera, alat bantu melihat seperti lup, teropong, mikroskop. Cacat mata rabun dekat (hiperpetropi) atau rabun jauh (miopi) Jika bayangan yang dibentuk oleh  lensa mata jatuh di belakang atau di depan retina, maka mata melihat obyek menjadi buram, untuk mengatasinya memakai kacamata.

 

 

tz-fisika.net   Full Animation Physics

Add comment


Security code
Refresh