:
FLUIDA STATIK


 

1. TEKANAN HIDROSTATIK

Fluida atau zat alir meliputi meliputi zat cair dan udara atau gas. Dalam pembahasan fluida statik diambil air sebagai kajian.

Perhatikan bejana berisi zat cair di bawah. Tekanan yang dialami alas bejana sebagai berikut.

 

  fluida_r1

 

Animasi 1. Tekanan hidrostatik

 

Perhatikan animasi 1 di atas untuk tekanan hidrostatik di tiap-tiap titik. Jika ada penambahan tekanan maka tekanan di titik tertentu adalah jumlah yang menekanan di atasnya.

 

P = ρgh + P0

 

 

Animasi 2. Beda tekanan antar sisi tabung

 

Ketika kedua sisi tabung U pada Animasi 2 di atas berisi zat cair yang sama dan kedalaman yang sama yaitu pada titik A dan titik B maka tekanan sama besar yaitu P=ρgh (P berbanding lurus terhadap ρ dan h). Jika fluida salah satu sisi tabung diganti dengan fluida lain dimaka tekanan di A sama dengan tekanan di B maka akan terjadi perbedaan ketinggian (h) fluida (ρ berbanding terbalik terhadaph) akan tampak seperti animasi 2 di atas.

 

2. HUKUM PASCAL

ukum Pascal (baca: [paskal]) menyatakan bahwa Tekanan yang diberikan zat cair dalam ruang tertutup diteruskan ke segala arah dengan sama besar

 

hk pascal

Gb. 1  Hukum Pascal 

 

Jika pada penampang kecil A1 diberi tekanan P tekanan akan diteruskan sama besar ke penampang besar A2 ingat kembali bahwa P=F/A perhatikan bahwa F berbanding lurus dengan A, maka pada luas pemampang besar A2 akan mendapatkan gaya yang besar F2.Perhatikan Gb. 2 di bawah gaya tersebut dapat mengangkat sebuah mobil.

 

hidrolik

Gb. 2  Penerapan hukum Pascal

2. HUKUM ARCHIMEDES

A. TERAPUNG

 

 

Animasi 3. Benda terapung

 

 

Animasi 4. Benda Melayang

 

 

Animasi 5. Benda Tenggelam
Dalam/baikan trims
ev_banner

Comments 

 
+5 #1 Minta tolong dundd2k4ever 2011-12-06 19:33
Boleh minta animasinya engga ya?
caranya gmn ya?
 

Add comment


Security code
Refresh