:
CACAT MATA


A. Rabun Dekat (Hipermetropi)

Mata rabun dekat mempunyai titik dekat (Punctum Proximum=PP) lebih besar dari titik dekat mata normal dan titik jauhnya masih normal tak berhingga (~). Titik dekat mata normal (Sn=25 cm).

Animasi 1. Mata rabun dekat (Hipermetropi)

 

Ketika obyek mendekat pada mata bayangan makin jauh dari retina, lensa mata berakomodasi untuk menjatuhkan bayangan di retina tapi lensa mata tidak bisa cembung maksimum sehingga bayangan masih di belakang retina. Untuik dapat melihat obyek dengan jelas maka obyek harus digeser menjauhi mata sampai bayangan jatuh tepat di retina (sering melihat orang tua jika membaca mejauhkan obyek dari mata) atau dengan bantuan kacamata positif  (lensa cembung) dalam hal ini tidak perlu menjauhkan obyek dari mata.

Perhatikan gambar di bawah. Wilayah mata paling dekat 0,4 meter. Untuk menentukan kekuatan lensa kacamata adalah obyek di titik dekat mata normal Sn =25 cm dibentuk bayangan di titik dekat mata hipermetropi 0,4 meter (batas wilayah mata melihat), analogi dengan menjauhkan obyek dari mata pada wilayah mata melihat.

 

 

B. Rabun Jauh (Miopi)

Penderita rabun jauh titik jauh mata lebih pendek dari titik jauh mata normal, perhatikan animasi berikut untuk titik jauh mata 4 meter.

 

Animasi 2. Mata rabun jauh (Miopi)

 

Benda di jauh tak berhingga lensa mata berusaha menjatuhkan bayangan di retina, tapi lensa mata tidak bisa lebih pipih lagi sehingga bayangan masih berada di depan retina, akibatnya mata tidak dapat melihat dengan jelas benda yang letaknya jauh.

Agar dapat melihat seperti mata normal penderita rabun jauh harus dibantu dengan kacamata negatif (lensa cekung). Perhatikan gambar di bawah. Wilayah mata paling jauh 4 meter. Kekuatan kacamata yang harus dipakai berorientasi pada wilayah mata, benda di tak berhingga bayangann harus jatuh di titik jauh mata.

 

 

tz-fisika.net   Full Animation Physics

Comments 

 
+1 #2 5ara 2014-03-25 16:23
cara save animasinya lewat pc gimana ya? kok gak bisa di save sih?
 
 
0 #1 cibai luRitik itik 2014-01-28 11:27
Lancau Lu imanuel
 

Add comment


Security code
Refresh